minion

2 Konsep Investasi Yang Harus Anda Ketahui

Investasi ini bisa dibilang topic yang paling rumit dan menakutkan dalam finansial pribadi. Memahami (dan memanfaatkan) dua konsep investasi yang penting akan membawa anda pergi jauh ke arah proses demistifikasi sementara menjauhkan faktor ketakukan. Mari kita bersama-sama menyaksikannya.

  • Bunga Majemuk

Pada pandangan pertama, faktor yang satu ini sepertinya bukan masalah besar. Bunga majemuk sebenarnya bunga yang menghasilkan bunga. Misalnya, jika anda berinvestasi US$ 100 dan mampu mendapatkan 10% dari uang tersebut, dalam setahun, uang itu nantinya akan berubah menjadi US$ 110. Di tahun berikutnya, dengan asumsi anda masih mendapatkan 10%, tidak hanya modal US$ 100 yang mendapatkan bunga, tetapi bunga yang anda peroleh tahun lalu akan memperoleh bunga juga. Jadi, anda tidak akan berakhir dengan US$ 120 pada 2 tahun terakhir; melainkan anda akan berakhir dengan nilai US$ 121.

Oke, hal tersebut mungkin tidak terlalu mengesankan. Tetapi tunggu dulu. Mari kita tempatkan uang lebih banyak untuk bekerja dan memberikan waktu lebih panjang.

Bayangkan berinvestasi US$ 200 perbulan untuk masa pensiun anda dan dimulai pada usia 20 tahun. Dan mari kita asumsikan jika anda mendapatkan laba 7% dari uang tersebut. Pada usia 30 tahun, anda telah menginvestasikan US$ 24.000. Itu nilai US$ 200 perbulan selama 10 tahun. Namun, karena laba 7%, US$ 24.000 nantinya bernilai US$ 34.617. Tidak terlalu buruk, bukan? Anda memerasnya sampai lebih dari 10 tahun.

  • Jangan berhenti percaya

Tapi tunggu dulu. Semakin lama waktu yang anda ambil, semaki baik penghasilan yang anda dapatkan. Mari kita berasumsikan usia 70 tahun yang mungkin dianggap sebagai “masa pensiun” saat itu.

US$200 milikmu patutnya diselipkan ke rencana 401(k) di sepanjang waktu hingga menambahkan sampai dengan US$ 120.000, jumlah mengesankan tersendiri. Tetapi karena kekuatan bunga majemuk, jumlah yang cukup besar menjadi lebih banyak, dan bahkan menjadi jauh lebih banyak. Bahkan, saaat ini bernilai lebih dari US$ 1 juta. Sekarang memang mengesankan. Anda memperoleh bunga sekitar US$ 970.000 melalui kekuatan bunga majemuk.

Inilah sebabnya mengapa Albert Einstein melaporkan bunga majemuk dengan sebutan “keajaiban dunia kedelapan”. Bahkan jika dia tidak mengatakan , itu tidak membuat dirinya untuk memahami bahwa bunga majemuk adalah konsep yang relatif kuat.

Berbicara tentang Einstein, ada rumus rumit untuk mencari dan menghitung bunga majemuk. Hal ini sebenarnya cukup mudah setelah anda memahami persyaratannya.

Lebih baiknya lagi, ini sebuah alat yang akan mengkalkulasikan untuk anda.

Sebagai catatan, ini penjelasan yang tepat mengapa dibutuhkan waktu yang lama untuk keluar dari hutang. Hutang mengambil angin yang kencang dari bunga majemuk. Jagalah angin dibelakang anda dengan berinvestasi.

“Cukup adil”, katamu, “Tetapi dimana saya bisa mendapatkan laba 7%?”.

  • Alokasi Aset

Ambil setiap majalah keuangan pribadi dan anda cenderung melihat berita utama terengah-engah tentang reksa dana terbaru untuk menumpuk hasil yang mengesankan. Tetapi anda tidak tertipu. Anda menyadari bahwa pemain “panas” di bulan lalu mungkin akan menjadi “pecundang” esoknya. Jadi, modal mana yang akan melakukan dengan baik di bulan depan?

Cukup mengejutkan, menghasilkan laba yang terhormat atas investasi anda ini tidak begitu banyak tentang investasi tertentu yang anda pilih. Ini adalah cara anda menyebarkan dolar atas investasimu di sekitar. Hal ini dikenal sebagai alokasi aset. Ini mungkin memiliki nama yang membosankan, tetapi alokasi aset telah terbukti mencapai sekitar 90% dari hasil investasi.

Keputusan utama dari alokasi aset adalah berapa persen dari dolar investasimu yang dimasukkan ke dalam saham dan berapa persen yang dimasukkan ke dalam obligasi (atau  reksa dana berbasis obligasi berbasis saham). Saham lebih beresiko daripada obligasi, tetapi keduanya memiliki potensi untuk mendapatkan laba yang lebih tinggi. Secara umum, semakin muda usia anda, semakin banyak campuran investasi yang harus anda arahkan ke dalam investasi berbasis saham, tetapi toleransi resikomu juga penting. Anda dapat menemukan banyak kalkulator alokasi aset online secara gratis.

Kalkulator umumnya akan menyarankan sesuatu yang sedikit lebih rinci dibandingkan saham VS obligasi; mereka dapat merekomendasikan bahwa anda memasukkan persentase yang berbeda dari uangmu untuk saham berkapitalisasi besar (saham perusahaan besar), saham berkapitalisasi kecil, saham asing, dan obligasi. Sebagian besar makelar rumah –  seperti Fidelity, Vanguard, Schwab, dan lainnya menawarkan indeks reksa dana dalam kategori ini yang dapat memberikan sejumlah biaya rendah, sebuah cara yang relatif sederhana untuk berinvestasi dalam kategori tersebut.

Jadi, ini adalah 2 langkah kunci utama sehingga anda dapat menambah ilmu pengetahuan dan menjadi seorang investor yang sukses. Pertama, manfaatkan kekuatan bunga majemuk dengan memulai investasimu sendiri. Dan kedua, berdasarkan keputusan investasimu pada rencana alokasi aset yang disengaja dan disesuaikan dengan usia  dan toleransi resikomu.